Empat Cara Mengenali Kualitas Furniture Kayu

Mengenali ragam kualitas furniture kayu adalah salah satu hal yang harus dilakukan sebelum membeli furniture. Berikut beberapa faktor kualitas yang dapat diperhatikan.

1. Usia Kayu

Kayu yang bagus adalah yang sudah berumur tua, semakin tua umurnya maka semakin stabil penampang papan yang dihasilkan sehingga kemungkinan untuk susut, retak pecah, atau melengkung bisa di minimalisir. Darimana kita tahu kalau kayu jati itu sudah tua ? Lihat kerapatan serat dan ukuran pori-porinya. Semakin rapat serat kayu dan semakin halus pori-porinya, maka semakin bagus kualitas kayunya.

Meja Kopi Minimalis Jati
Kayu yang bagus memiliki serat yang padat

2. Lebar Sambungan Papan

Cara membedakan kualitas mebel jati yang selanjutnya adalah dengan melihat sambungannya. Sambungan papan yang lebar berarti memakai kayu yang berdiameter besar, kayu diameter besar berarti berumur sudah tua dan memiliki kualitas yang lebih baik.

3. Konstruksi

Konstruksi dalam hal ini adalah kekuatan furniture. Untuk melihat kualitas konstruksi bisa dengan menggoyang goyang, melipat lipat, melihat bagian bawah dan dalam mebel, atau mencari bagian-bagian yang retak atau kemungkinan pecah. Terutama dibagian sambungan-sambungan kayu yang rentan rusak seperti pada daun meja dan kaki-kaki kursi

4. Finishing

Cara membedakan kualitas mebel jati berikutnya adalah dengan melihat hasil akhir finishingnya. Beberapa hal yang bisa diperhatikan adalah tingkat kehalusan, tanda-tanda pengelupasan, dan tingkat kerapian. Finishing merupakan bagian yang krusial dalam pembuatan furniture karena bagaimanapun bagusnya papan kayu yang dipakai, akan sia-sia jika finishingnya tidak bagus. Faktor yang mementukan kualitas akhir finihing selain kualitas kayu adalah skill dari tukang cat dan bahan baku yang digunakan. Diantara jenis finishing yang populer digunakan adalah finishing natural melamine dan finishing duco. Finishing natural melamine adalah jenis finishing yang tetap menampakkan serat natural kayu. Untuk finishing cat duco merupakan jenis finishing untuk mendapatkan warna solid yang menutup semua permukaan kayu. Bahan dasar yang digunakan sama dengan yang digunakan pada cat mobil atau logam. Pada jenis finishing ini serat kayu tidak terlihat sama sekali.

Credenza Shabby Chic
Finishing Duco

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *