Jenis-jenis bahan sofa terpopuler

Kalau kamu sebelumnya mengikuti artikel kita yang membahas waktu yang tepat untuk mengganti sofa, sekarang kamu bisa mengenal lebih jauh jenis-jenisnya untuk memilih pelapis luar sofa yang tepat dan sesuai dengan keinginan kamu. Berikut beberapa jenis bahan sofa yang sering kita jumpai

Rayon (Viscose)

sumber photo www.google.com

Jenis bahan ini berasal dari serat yang dihasilkan dari regenerasi selulosa. Bahan rayon sebagai bahan pelapis sofa  menyerupai bahan katun, linen, dan juga sutra. Bahan ini juga memiliki harga yang jauh lebih murah dan juga tahan lama dibandingkan dengan jenis bahan tersebut. Adapun kekurangan dari bahan rayon ini adalah mudah mengkerut dan mudah terbakar.

Nilon

sumber photo www.google.com

Nilon berasal dari serat sintetis. Bahan nilon banyak populer karena bahannya yang ringan,kuat, elastis,dan mudah dicuci juga tidak mudah sobek dan tahan terhadap air, dan jamur. Tetapi kain nilon dapat terdegradasi dengan sinar ultraviolet.

Velvet

sumber photo www.google.com

Kain velvet atau bludru terbuat dari bahan dasar sutera, kain velvet terdiri dari katun dan bahan sintetis lain seperti polyester, nilon, viscose, dan lain-lain. Kain velvet mempunyai tampilan mewah elegan karena tekstur bahannya yang halus dan sedikit mengkilap. Kain ini memiliki harga yang relatif mahal dan sulit dibersihkan apabila terkena noda.

Chennile

sumber photo www.google.com

Bahan chennile ini terlihat seperti rajutan, tekstur pilinan benang yang tebal, mirip seperti corduroy. Kain ini tahan lama, kuat, dan tidak mudah sobek. Kain ini sulit dibersihkan apabila terkena noda. Kain berbahan chennile sering dapat ditemukan dalam sofa bergaya klasik.

Linen

sumber photo www.google.com

Berbeda dengan bahan satu ini, linen terbuat dari serat alami yang kuat, sehingga tidak mudah sobek. Kain ini bersifat lembut dan tidak mudah pudar. Tetapi bahan jenis ini lebih sulit untuk menyerap tinta dibandingkan material kain lainnya, oleh karena itu umumnya selalu terlihat polos tanpa motif. Bahan ini mudah mengkerut dan kotor.

Akrilik

sumber photo www.google.com

Bahan akrilik ini merupakan serat sintetis yang dibuat sebagai imitasi dari wool. Bahan ini sangat cocok digunakan di area outdoor karena tahan terhadap panas matahari dan mudah kering jika terkena air. Bahan akrilik ini juga ringan dan tahan lama tidak mudah kusut serta memudar seperti bahan yang lainnya.

Itu dia beberapa bahan dengan kelemahan dan kelebihannya. Jadi sekarang kamu tidak ragu lagi untuk memilih yang tepat untuk bahan sofa kamu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *